Home » » KHASIAT BUNGA KENANGA

KHASIAT BUNGA KENANGA

Posted by Tips dan Khasiat on Kamis, 25 April 2013

KHASIAT BUNGA KENANGA

Khasiat Bunga Kenanga - Bunga kenanga memiliki nama latin Canangium odoratum baill yang merupakan tumbuhan dari family annonaceae, diduga berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bunga kenanga memiliki wangi yang harum dan biasanya dikenal sebagai pohon parfum. Tanaman ini termasuk tanaman liar yang dapat mencapai tinggi hingga 30 meter dan dapat tumbuh subur pada ketinggian 1200 m dpl. 

Khasiat bunga kenanga 

Seperti yang sudah diketahui bahwa bunga kenanga dikenal dengan tanaman perfume, karena memiliki wangi yang harum. Pada sebagian masyarakat jawa, bunga kenanga sering digunakan dalam ritual bersama melati, mawar dan bunga lainnya yang direndam dalam air yang berasal dari 7 sumur. Air rendaman ini biasa disebut �air bunga setaman� yang digunakan untuk dimandikan pada calon pengantin saat acara siraman. Selain itu bunga kenanga juga digunakan untuk acara upacara tingkeban atau 7 bulanan. Bunga kenanga merupakan bunga yang digemari oleh keluarga keratin karena memiliki wangi yang harum. Selain itu bunga kenanga banyak digunakan dalam bahan kosmetik seperti parfum, sabun, masker dan lulur. Selain sangat berguna untuk kecantikan, bunga kenanga juga memiliki khasiat lainnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diantaranya: 

  1. Berkhasiat untuk mengobati reumatik dan encok. 
  2. Berkhasiat untuk mengobati demam nifas. 
  3. Berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit seperti kudis dan gigitan serangga. 
  4. Berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati malaria, asma, bronchitis dan sesak nafas. 
  6. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati bau badan serta keputihan. 
  7. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati hepatitis. 
  8. Berkhasiat untuk mengobati radang saluran kencing. 

Cara pemanfaatan untuk mengobati beberapa penyakit diatas adalah dengan meminum rebusan air bunga kenanga atau untuk penyakit luar hanya menumbuk bunga kenanga hingga halus dan dibalurkan pada bagian luar. 

Khasiat bunga kenanga 

Untuk pembelian umbi bunga kenanga dapat ditemukan dibeberapa toko obat tradisional, dan juga sudah banyak yang mengolahnya menjadi berupa krim. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga kenanga.


0 komentar:

Posting Komentar

Arena unik

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}