Home » » KHASIAT BUNGA SEPATU

KHASIAT BUNGA SEPATU

Posted by Tips dan Khasiat on Jumat, 26 April 2013

KHASIAT BUNGA SEPATU

Khasiat Bunga Sepatu - Bunga sepatu yang memiliki nama ilmiah Hibiscus rosa-sinensis merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur dan banyak di tanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga sepatu ini memiliki bentuk bunga besar berwarna merah dan tidak berbau, ketika sudah mekar bunga ini akan menjadi bunga yang cantik. 

Khasiat bunga sepatu 

Bunga sepatu memiliki nama yang berbeda di tiap-tiap wilayah, seperti soma-soma (nias), bungong raya (aceh), bunga bunga (batak), kembang wera (sunda), bunga raya (melayu), kembang sepatu, wora wari (jawa), waribang (bali), dll. Bunga sepatu selain biasanya dijadikan sebagai tanaman hias, bunga sepatu juga biasa digunakan sebagai tanaman herbal. Bunga sepatu memiliki rasa yang manis dan bersifat netral, serta memiliki kandungan senyawa kimia seperti taraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit dan lendir. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, bunga sepatu juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diantaranya : 
  1. Berkhasiat untuk mengobati kencing bernanah. Caranya dengan menyiapkan beberapa kuntum bunga sepatu dengan sekitar 15 g sambiloto lalu direbus, dan dapat diminum sebelumnya disaring terlebih dahulu. Bisa ditambahkan madu untuk menambah rasa manis. 
  2. Berkhasiat untuk mengobati batuk lendir dan berdarah. Caranya dengan siapkan dua kuntum bunga sepatu yang sudah di cuci bersih lalu remas-remas, seduh dengan air panas dan diamkan selam semalaman. Keesokan harinya dapat diminum sebelum makan dengan disaring terlebih dahulu dengan menambahkan madu. 
  3. Berkhasiat untuk mengobati demam. Caranya dengan mencampurkan daun bunga sepatu ditambah daun papaya dan sedikit garam, lalu rebus semua bahan hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan saat masih hangat. 
  4. Berkhasiat untuk mengobati masalah pernafasan seperti bronchitis. Caranya dengan siapkan 2 kuntum bunga sepatu yang sudah di cuci bersih, lalu haluskan dan seduh dengan air panas ditambah sedikit garam. Dapat diminum dengan disaring terlebih dahulu. 
  5. Berkhasiat untuk mengatasi masalah gondongan. Caranya dengan rebus bagian daun dan bunga sepatu, lalu dapat di minum dengan disaring terlebih dahulu. 
  6. Berkhasiat untuk melancarkan haid. Caranya dengan siapkan 3 kuntum bunga sepatu lalu digiling hingga lumat, tambahkan air matang dan sedikit cuka beras putih, saring airnya lalu diminum dua sampai tiga kali dalam sehari. 


Selain beberapa khasiat diatas, bunga sepatu juga memiliki khasiat lainnya, seperti mengatasi masalah keputihan, menghentikan darah mimisan, mengobati sariawan, radang usus, dan TBC. Cara pemanfaatannya juga sama hanya dengan mengkonsumsi air rebusan dari bunga sepatu. Selain memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, bunga sepatu memiliki larangan bagi wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi air rebusan ini, dan untuk penyakit berat sebaiknya berkonsultasi sebelumnya pada dokter. 

Khasiat bunga sepatu 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga sepatu.


0 komentar:

Posting Komentar

Arena unik

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}